Malam Nisfu Sya’ban dan Segala Kelebihan Yang Ada Didalamnya

Malam Nisfu Sya’ban dan Segala Kelebihan Yang Ada Didalamnya - Bulan Sya'ban adalah bulan yang penuh berkah dan kebaikan, dalam bulan ini Allah akan membuka pintu rahmat dan ampunan kepada hamba-Nya seluas-luasnya. Oleh karena itu kita sangat dianjurkan memperbanyak ibadah dalam Bulan sya'ban seperti puasa Sunnah. Selain puasa, menghidupkan malam sya’ban juga sangat dianjurkan khususnya malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban). Maksud menghidupkan malam di sini ialah memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Sya’ban. Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.
malam nisfu sya'ban dan segala kelebihannya
Kredit gambar kepada harianterbit.com
Dalam sejarahnya terdapat sebuah kisah yang diceritakan oleh Ulama kita yang diantaranya adalah kisah Nabi ISA As yang diceritakan oleh Syeihk Syihabuddin Ahmad ibn Salamah Al-Qalyubi, Diriwayatkan sesungguhnya lsa AS pernah berjalan di suatu tempat. Ketika itu, beliau melihat sebuah gunung yang amat tinggi. Maka beliau mendatanginya. Sesampainya di sana, beliau dapati puncak gunung itu berwarna putih, bahkan lebih putih dari susu, sehingga beliau mengelilinginya, dan beliau merasa kagum karena keindahannya. Seketika Allah mengwahyu kepada Nabi Isa “Wahai lsa, apakah engkau ingin tau tetang sesuatu yang lebih mengagumkan dari ini". Nabi Isa Menjawab :  "Ia Ya Rabbi".
Maka seketika puncak gunung itu terbelah, dan beliau melihat seorang yang telah tua memakai baju dari bulu dan di tangannya ada sebuah tongkat hijau, dan di antara kedua matanya ada buah anggur. Dia sedang berdiri dalam shalatnya, sehingga Nabi lsa AS menjadi heran melihat pemandangan seperti itu. Nabi Isa AS Bertanya : “Wahai orang tua, apa yang aku lihat ini?” orang tua itu menjawab : "ini adalah rizki bagiku setiap hari." Kemudian Nabi Isa bertanya kembali : "Sudah berapa lama engkau beribadah kepada Allah dalam batu ini?" Orang tua tersebut menjawab : "Aku telah beribadah kepada Allah selama 400 tahun". Nabi lsa AS berkata : "Wahai Tuhanku, aku tidak mengatakan apakah Engkau pernah menjadikan makhluk yang lebih mulia dari orang ini." Maka Allah menwahyukan : "Seorang dari umat Muhammad SAW, yang mendapati bulan Sya'ban, dan dia melakukan shalat di malam Nisfu Sya'ban, maka pahalanya lebih besar dari beribadah ini selama empat ratus tahun". Maka Nabi Isa AS berkata: Nabi Isa memohon, “mudah-mudahan Aku menjadi golongan Umat Nabi Muhammad SAW."

3 Amalan Sunnah Dalam Menyambut Malam Nisfu Sya'ban

Sebenarnya banyak sekali yang bisa dilakukan dalam bulan Sya'ban terutama dimalam Nisfu Sya'ban, Menurut kitab Madza Fi Sya'ban Karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki ada 3 malam yang dapat dilakukan dalam Malam Nisfu Sya'ban, Yaitu:
Memperbanyak Doa, Anjuran ini didasarkan pada hadist riwayat Abu Bakar, bahwa nabi Muhammad SAW bersabda :
ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء 

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Membaca Dua Kalimah Syahadah Sebanyak-banyaknya, Dua Kalimah Syahadah adalah kalimat yang sangat mulia, sangat baik dibaca kapan pun dan dimana pun terlebih lagi pada malam nisfu Sya'ban, Sayyid Muhammad Bin Alawi Mengatakan,

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله".

Artinya, “Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat,
 La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.”

Memperbanyak Istiqfar, Sebagai manusia normal kita pasti sadar bahwa kita sering melakukan dosa dan kesilapan kepada Allah SWT, karenanya, meminta ampunan (istighfar) sangatlah dianjurkan terlebih dalam malam nisfu Sya'ban.

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم
Artinya, “Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.


Selain ketiga amalan diatas, ada juga amalan lain yang sering diamalkan dalam malam nisfu Sya’ban, diantaranya adalah Membaca Alqur’an terutama Surah Yasin sebanyak 3 kali, ini sering dilakukan setelah shalat Magrib pada malam Nisfu Sya’ban tersebut. Selain itu ada juga yang melakukan shalat Sunnah, disini ada yang niatnya melakukan Shalat Sunnah Nisfu Sya’ban dan ada juga yang melakukan shalat Sunnah Tasbih

Sumber Referensi :
Ngaji.web.id
lbm.mudimesra.com
Nu.or.id


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Malam Nisfu Sya’ban dan Segala Kelebihan Yang Ada Didalamnya"